Laman

Selasa, 08 Mei 2012

MANAJER DAN LINGKUNGAN ORGANISASI


MANAJER DAN LINGKUNGAN ORGANISASI

1.                Pengertian manajer dan Lingkungan
Manajer disamping harus memusatkan perhatiannya pada lingkungan internal organisasi, juga harus menyadari pentingnya pengaruh lingkungan eksternal terhadap organisasi yang dikelolanya. Manajer perlu mempertimbangkan unsure-unsur dan kekuatan-kekuatan lingkungan eksternal dalam setiap kegiatannya. Bagaimana juga, lingkungan eksternal pada saat sekarang ini sangat bergejolak.
2.            Faktor-faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Keputusan Manajer
·         FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL
Yang termasuk dalam lingkungan internal organisasi adalah :
v  Pemilik organisasi adalah mereka yang secara historis maupun hukum dinyatakan sebagai pemilik akibat adanya penyertaan modal, ide, ataupun berdasarkan ketentuan lainnya dinyatakan sebagai pemilik organisasi.
v  Tim Manajemen adalah orang-orang yang menuntut para pemilik organisasi/ perusahaan dinyatakan atau ditunjuk sebagai pengelola organisasi dalam aktivitasnya sehari-hari untuk suatu periode tertentu.
v  Para anggota atau para Pekerja merupakan unsur sumber daya manusia yang sangat dominan dalam sebuah organisasi, karena biasanya jumlahnya meruakan yang aling besar dalam sebuah organisasi.
·         FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan ekstren mikro terdiri dari para pesaing, penyedia, langganan, lembaga-lembaga keuangan, pasar tenaga kerja dan perwakilan-pewakilan pemerintah. Unsur-unsur lingkungan ekstern makro mencakup teknologi, ekonomi, politik dan sosial yang mempengaruhi iklim dimana organisasi beroperasi dan mempunyai potensi menjadi kekuatan-kekuatan sebagai lingkungan ekstern mikro.

3.       Etika Manajemen dan Tanggung jawab Sosial
Tanggung jawab sosial berarti bahwa manajemen mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi didalam pembuatan keputusan. Manajer dituntut mengimplementasikan etika berusaha, terutama dalam hal yang berhubungan dengan langganan, karyawan, teknologi, lembaga –lembaga, perusahaan lain, supplier, kreditur, pemegang saham, pemerintah dan masyarakat.

4.       Lingkungan dan budaya kerja.
Lingkungan sosial kebudayaan suatu masyarakat merupakan pedoman hidup yg menentukan bagaimana hampir seluruh organisasi & manajer akan beroperasi.

5.       Lingkungan Global
Kekuatan internasional ini berpengaruh melalui perkembangan politik dunia, ketergantungan ekonomi, penularan nilai-nilai dan sikap hidup serta transfer teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar